Pages

GEJALA DAN PENYEBAB PENYAKIT POLIP HIDUNG


                        
Gejala dan penyebab Penyakit Polip Hidung

Polip Hidung adalah suatu pertumbuhan dari selaput lendir hidung yang bersifat jinak. Polip nasi atau polip hidung adalah kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan.  Kelainan pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis,

Penyebab
Penyebab terjadinya polip tidak diketahui, tetapi beberapa polip tumbuh karena adanya pembengkakan akibat infeksi.
Terdapat 3 faktor penting yang berperan di dalam terjadinya polip, yaitu
  1. Peradangan lama dan berulang pada selaput permukaan hidung dan sinus
  2. Gangguan keseimbangan Vasomotor
  3. Peningkatan tekanan cairan antar ruang sel dan bengkak selaput permukaan hidung
Dengan adanya faktor alergi dan radang kronis yang berulang-ulang, maka terjadilah perubahan pada mukosa hidung, perubahan pembuluh darah, dan juga pembuluh limfe. Keadaan ini akan berkembang terjadinya hambatan balik cairan interstitial. Cairan yang terkumpul selanjutnya akan menimbulkan semacam bendungan yang bersifat pasif. Dari keadaan ini, berkembang menjadi pembengkakan di mukosa hidung. Makin lama proses ini berlangsung, penonjolan mukosa hidung akan bertambah panjang, sampai pada akhirnya terbentuk tangkai, maka terbentuklah polip.
Gejala
Pada anamnesis kasus polip biasanya timbul keluhan utama adalah hidung tersumbat.sumbatan ini menetap dan tidak hilang timbul. Semakin lama keluhan dirasakan semakin berat. Pasien sering mengeluhkan terasa ada massa di dalam hidung dan sukar membuang ingus. Gejala lain adalah hiposmia (gangguan penciuman). Gejala lainnya dapat timbul jika teradapat kelainan di organ sekitarnya seperti post nasal drip (cairan yang mengalir di bagian belakang mulut), suara bindeng, nyeri muka,  telinga terasa penuh, snoring (ngorok), gangguan tidur dan penurunan kualitas hidup.
Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman.
Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.
Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis. Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.
Secara pemeriksaan mikroskopis tampak epitel pada polip serupa dengan selaput permukaan hidung normal yaitu epitel bertingkat semu bersilia dengan subselaput permukaan yang sembab.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.
Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis.

Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.
Jadi gejala polip ini sangat beragam. Mulai dari pilek yang berlangsung lama, bersin-bersin, hidung tersumbat yang bersifat menetap, sering mimisan, keluhan akan adanya massa di hidung, sukar buang ingus, gangguan penciuman, bentuk hidung yang tak lagi simetris, bengek atau bindeng, telinga rasa penuh, mendengkur/gangguan tidur, lendir dan rasa kering yang terkumpul di tenggorokan, sakit kepala, dll. Kesemua keluhan itu tentu saja amat mengganggu dan sangat mempengaruhi produktivitas hidup si penderita.

apabila dalam lubang hidung Anda tumbuh daging kecil yang semakin lama semakin membesar, maka berhati-hatilah karena hal se­perti itu adalah pertanda bahwa Anda telah terkena penyakit polip yang kalau dibiarkan saja lama-lama akan menyumbat lubang hidung.
Menurut ilmu kedokteran, untuk menyembuhkan atau menghi­langkan polip ini haruslah dilakukan dengan jalan operasi, yaitu de­ngan memotong daging yang tumbuh tersebut.
Berbagai keluhan pernafasan dan percernaan seperti sesak nafas(asma),batuk,radang paru-paru(bronkitis),sinusitis,polip,pilek menahun,sakit kepala(migran)alergi(bersin2)amandel,bau mulut,maag,ulu hati,asam lambung tinggi(sering mual)mudah masuk angin,dan lainnya bias diatasi dengan gurah.
Metode gurah ini juga sangat efektif bagi perokok berat dan kecanduan miras dan narkoba. Bagi anda yang tidak mau digurah secara langsung kami juga menyediakan kapsul gurah. Untuk imformasi dan konsultasi anda dapat mendatangi dan menghubungi alamat praktek kami.HERBAL MEDICAL HARMONIS AHLI GURAH di jalan sudirman no 57 disamping gang intraco atau disebrang bank mega Balikpapan permai.kel damai rt 11/03 balikpapan selatan kota Balikpapan.phone 081350898909/0542-735482.buka praktek tiap hari jam 10 pagi s/d 20 malam.www.herbalmedicalharmonis.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Sistem Pernafasan

Sistem Pernafasan

Gambar Saluran Pencernaan

Gambar Saluran Pencernaan

Gambar Saluran Pernafasan

Gambar Saluran Pernafasan

Penyakit Saluran Pernafasan

Penyakit Saluran Pernafasan

Tentang Kami

Mencegah & Mengobati Berbagai Penyakit Pernafasan dan Pencernaan Tanpa Operasi dan Suntikan. Terdaftar No.445.3/17/2008 Izin Nomor 028/25/dkk/2009 Alamat: Jln. Sudirman No. 57 RT 11. Kel Damai Kec. Balik Papan. Kota Balik Papan. Kalimantan Timur HP. 081350898909/ Tlp. 0542735482 Buka Praktek Tiap Hari Jam 10 Pagi s/d 20 Malam.

BUKU TAMU


ShoutMix chat widget
Powered by Blogger.